Senin, 11 Juli 2011

Resep Bolu Jerman Basic (๑♡∀♡๑)

Resep Bolu Jerman Basic (๑♡∀♡๑)

Bahan - Bahan :
  • 200 gr terigu
  • 150 gr gula pasir (atur sesuai selera)
  • 50 gr susu bubuk
  • 7 butir telur ayam
  • 35 gr maizena (jika memakai maizena, kurangi jumlah terigu setara dengan jumlah maizena)
  • 1/2 sdt vanilli bubuk
  • 1 sdt baking powder
  • 1 sdm cake emulsifier (boleh dikurangi jadi 1 sdt, boleh di skip) saya memakai SP
  • 200 gr butter yang dicairkan (bisa dicampur margarin)

Cara Membuat :
  1. Panaskan oven (±15 menit), siapkan semua bahan, ayak bahan tepung, dan siapkan loyang dengan dilapisi kertas roti atau memakai olesan margarin dan terigu.
  2. Ada 2 cara membuat bolu jerman, all in one method, yaitu mengocok semua bahan kecuali mentega cair, dan sponge cake method, atau mengembangkan kocokan telur dan gula, baru memasukkan bahan tepung secara perlahan. Saya memakai all in one method karena lebih praktis 😁
  3. All in one method : tempatkan semua bahan jadi satu kecuali margarin cair. Kocok dengan kecepatan tinggi hingga adonan berwarna putih, dan kental (sekitar 10-15 menit, tergantung mixer yang digunakan)
  4. Sponge cake method : kocok telur, gula, vanili, dan cake emulsifier dengan kecepatan tinggi hingga berbusa (±10 menit, tergantung mixer). Kemudian masukkan bahan-bahan bubuk secara perlahan, kocok dengan kecepatan rendah hingga kental (±10 menit)
  5. Masukkan margarin cair dengan memakai spatula, caranya dengan mengambil sekitar 2-3 sendok adonan, dicampur dengan margarin cair, kemudian tuang ke dalam adonan, campur dengan teknik lipat hingga rata. (Note : suhu margarin cair jangan terlalu panas, dan jangan sampai mengendap di bawah, karena mempengaruhi volume kue; b a n t a t 😨)
  6. Tuang dalam loyang, ketuk-ketuk pelan pinggiran loyang untuk mengeluarkan udara di dalam, kemudian oven selama ±40-45 menit tergantung oven, jadi sesuaikan sendiri, gunakan tes tusuk~
  7. Bon appetité ! 😁😍 lembuut banget cakenyaa 🍴
  8. Note : ini hanya basic dari bolu jerman, jika ingin variasi, bisa ditambah keju, chocochips, kismis (balur dengan tepung agar tidak tenggelam), atau diberi rasa-rasa (biasanya memakai pasta, dicampur bersama dengan margarin cair, sekitar 2 sdm)

Demikianlah informasi mengenai resep Bolu Jerman Basic (๑♡∀♡๑) yang dapat admin sampaikan. Semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca. Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar